Pages

Selasa, 19 Mei 2015

Definisi Manajemen

10 devinisi manajemen menurut para Sumber?
1.        Manajemen seni ilmu perencaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan dari pada  sumber  daya manusia untuk mencapai tujuan yang di tetapkan. (Drs. Oey Liyang Lee)
2.        Manajemen adalah proses perencanaan pengorganisasian dan penggunaan sumber daya organisasi lainya untuk mencapai tujuan organisasi yang di tetapkan. (James A.F. Stoner)
3.        Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang di lakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah di tentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainya. (R. Terry)
4.        Manajemen adalah seni pencapain tujuan yang dilakukan oleh orang lain. (Laurance .A. Appley)
5.        Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. (Horold Koontz dan Cyril O’gonnel)
6.        Manajemen adalah fungsi  untuk mencapai sesuatu kegiatan orang lain dan mengawasi usaha usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama. (Hilman)
7.        Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain di butuhkan ketrampilan khusus. (Mary Parker Follet)
8.        Manajemen adalah dapat di pahami sebagai pembimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok orang-orang ke arah pencapain tujuan bersama. (William H Newman)
9.        Manajemen adalah keseluruhan proses pelaksaan dari pada keputusan yang telah di ambil dan pelaksaan itu pada umumnya di lakukan oleh dua orang manajemen atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan. (Sondang P. Siagian)

10.    Manajemen adalah pengendalian dan pemanfaatan dari semua faktor dan sumberdaya, yang menurut suatu perencanaan di perlukan untuk mencapai atau menyelesaikan suatu prapta atau tujuan kerja tertentu. (Prajudi Atmo Suderjo)

          Mengapa manajemen dibutuhkan ?
Ada 3 alasan manajemen dibutuhkan :
  1. Untuk mencapai tujuan
  2. Untuk menjaga keseimbangan
                di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
3.            Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas.
          EFISIENSI & EFEKTIVITAS
Prestasi kerja (performance) manajemen diukur dari efisiensi dan efektivitas.
Ø  Efisiensi = kemampuan utk menyelesaikan pekerjaan dg benar.
Ø  Efektivitas = kemampuan utk memilih tujuan yg tepat atau peralatan yg tepat utk mencapai tujuan yg telah ditetapkan.
Ø  Peter Druker : Efisien = doing things right.
                Efektif = doing the right things
                Manajer yg efisien = yg dapat meminimumkan penggunaan sumber daya utk mencapai hasil yg ditentukan.
                Manajer yg efektif = kerja sesuai tujuan organisasi.
          PIRAMID MANAJEMEN
          TINGKATAN MANAJER
          Gambar tingkatan manajer selalu menyerupai piramid.
          Top manajer jumlahnya sedikit, sedangkan supervisory manajer jumlahnya lebih banyak.
          Jumlah middle manajer < supervisory manajer, dan > top manajer.
          SKALA FUNGSI MANAJEMEN
          M. PUNCAK
          M. MENENGAH
          M. BAWAH
          KEAHLIAN MANAJER
ADA 3 KEAHLIAN MANAJER, YAITU :
  1. TECHNICAL SKILL
  2. HUMAN SKILL
  3. CONCEPTUAL SKILL
          1. TECHNICAL SKILL
          Kemampuan mengerjakan pekerjaan dengan baik. Keahlian ini diperoleh melalui pendidikan, latihan atau pengalaman.
          Contoh keahlian teknis : akuntansi, pengacara, ahli teknik, apoteker, dokter, dll.
          3. CONCEPTUAL SKILL
          Kemampuan melihat secara integral dan kordinatif semua bagian suatu organisasi.
          2. HUMAN SKILL
          Kemampuan seseorang bekerja secara efektif sebagai anggota kelompok dan kemampuan menumbuhkan kerja sama dalam kelompok yang dipimpinnya.
          Mampu membangun Human Relation secara baik.
          KEAHLIAN MANAJER
Ø  M. PUNCAK
Ø  M. MENENGAH
Ø  M. BAWAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar