10 devinisi manajemen menurut para Sumber?
1.
Manajemen seni ilmu perencaan
pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan dari pada sumber
daya manusia untuk mencapai tujuan yang di tetapkan. (Drs. Oey Liyang Lee)
2.
Manajemen adalah proses perencanaan
pengorganisasian dan penggunaan sumber daya organisasi lainya untuk mencapai
tujuan organisasi yang di tetapkan. (James A.F. Stoner)
3.
Manajemen merupakan suatu proses
khas yang terdiri dari tindakan tindakan perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan pengendalian yang di lakukan untuk menentukan serta mencapai
sasaran yang telah di tentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan
sumberdaya lainya. (R. Terry)
4.
Manajemen adalah seni pencapain
tujuan yang dilakukan oleh orang lain. (Laurance .A. Appley)
5.
Manajemen adalah usaha untuk
mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. (Horold Koontz dan
Cyril O’gonnel)
6.
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu kegiatan orang lain
dan mengawasi usaha usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama. (Hilman)
7.
Manajemen adalah suatu seni, karena
untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain di butuhkan ketrampilan
khusus. (Mary Parker Follet)
8.
Manajemen adalah dapat di pahami
sebagai pembimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha-usaha suatu kelompok
orang-orang ke arah pencapain tujuan bersama. (William H Newman)
9.
Manajemen adalah keseluruhan proses
pelaksaan dari pada keputusan yang telah di ambil dan pelaksaan itu pada
umumnya di lakukan oleh dua orang manajemen atau lebih untuk mencapai tujuan
yang telah di tentukan. (Sondang P. Siagian)
10.
Manajemen adalah pengendalian dan
pemanfaatan dari semua faktor dan sumberdaya, yang menurut suatu perencanaan di
perlukan untuk mencapai atau menyelesaikan suatu prapta atau tujuan kerja
tertentu. (Prajudi Atmo Suderjo)
•
Mengapa manajemen dibutuhkan ?
Ada 3
alasan manajemen dibutuhkan :
- Untuk mencapai tujuan
- Untuk menjaga keseimbangan
di antara tujuan-tujuan yang
saling bertentangan.
3. Untuk mencapai efisiensi dan
efektifitas.
•
EFISIENSI & EFEKTIVITAS
Prestasi
kerja (performance) manajemen diukur dari efisiensi dan efektivitas.
Ø Efisiensi = kemampuan utk menyelesaikan
pekerjaan dg benar.
Ø Efektivitas = kemampuan utk memilih tujuan yg tepat atau
peralatan yg tepat utk mencapai tujuan yg telah ditetapkan.
Ø Peter Druker : Efisien
= doing things right.
Efektif = doing the right things
Manajer yg efisien = yg dapat
meminimumkan penggunaan sumber daya utk mencapai hasil yg ditentukan.
Manajer yg efektif = kerja
sesuai tujuan organisasi.
•
PIRAMID MANAJEMEN
•
TINGKATAN MANAJER
•
Gambar tingkatan manajer selalu menyerupai
piramid.
•
Top manajer jumlahnya sedikit, sedangkan
supervisory manajer jumlahnya lebih banyak.
•
Jumlah middle manajer < supervisory manajer,
dan > top manajer.
•
SKALA FUNGSI MANAJEMEN
•
M. PUNCAK
•
M. MENENGAH
•
M. BAWAH
•
KEAHLIAN MANAJER
ADA 3
KEAHLIAN MANAJER, YAITU :
- TECHNICAL SKILL
- HUMAN SKILL
- CONCEPTUAL SKILL
•
1. TECHNICAL SKILL
•
Kemampuan mengerjakan pekerjaan dengan baik.
Keahlian ini diperoleh melalui pendidikan, latihan atau pengalaman.
•
Contoh keahlian teknis : akuntansi, pengacara,
ahli teknik, apoteker, dokter, dll.
•
3. CONCEPTUAL SKILL
•
Kemampuan melihat secara integral dan
kordinatif semua bagian suatu organisasi.
•
2. HUMAN SKILL
•
Kemampuan seseorang bekerja
secara efektif sebagai anggota kelompok dan kemampuan menumbuhkan kerja sama
dalam kelompok yang dipimpinnya.
•
Mampu membangun Human Relation secara
baik.
•
KEAHLIAN MANAJER
Ø M. PUNCAK
Ø M. MENENGAH
Ø M. BAWAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar